Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Activity Dan Fragment Di Android Studio

ACTIVITY Dan FRAGMENT ANDROID STUDIO
Holla gys, salam sejahtera ya untuk kita semua lah.


Oke Oke pada kesempatan kali ini gwe akan share sesuatu banget gitu, yang dimana ini masih berhubungan dengan tools android studio ya. Nah kali ini mari kita simak penjelasan mengenai Perbedaan Activity dan Fragment di Android Studio.

 Activity

Activity merupakan salah satu komponen yang ada di android studio yang Fungsi-nya untuk menampilkan User Interface (UI) dari aplikasi yang akan dibuat. Bukan hanya menampilkan UI saja ya guys, activity juga digunakan untuk berbagai kegiatan yang diperlukan didalam aplikasi tersebut seperti berpindah dari satu tampilan ke tampilan yang lain, menjalankan program lain, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan didalam activity.
Activity memiliki sirkulasi  kehidupan atau biasa disebut Lifecycle, didalam proses lifecycle komponen activity memiliki beberapa tampilan, yaitu:

  • Foreground activity - merupakan tampilan paling depan yang dilihat oleh user pada saat mengunakan visible activity yang merupakan tampilan aplikasi yang dibuat oleh user, namun bukan yang paling depan. Contohnya ketika muncul dialog, tampilan yang dibelakang dialog tersebut adalah visible activity.
  • Background activity - merupakan tampilan yang sedang disimpan untuk dimunculkan pada saat user men-trigger event yang akan memunculkan activity. Contohnya setelah user melakukan login, user akan masuk ke dalam tampilan main menu. Main menu tersebut adalah background activity pada awalnya tidak ditampilkan namun dikarenakan user login ke sistem, maka activity tersebut muncul.
  • Empety process - ini bukan merupakan tampilan, namun berupa proses yang dapat mengubah dari tampilan aplikasi yang digunakan oleh user seperti service dan broadcast reciver. biasanya proses ini digunakan untuk mengurangi penggunaan memory yang berlebihan, agar proses untuk mengubah tampilan aplikasi tersebut berjalan di background process dan tidak mempengaruhi perorma dari handphone.

Fragment

Fragment merupakan salah satu komponen pada android studio  dengan fungsi yang hampir sama dengan activity, tetapi memiliki lifecycle yang berbeda. Fragment merupakan bagian dari sebuah activity yang mana sebuah Fragment tidak akan ada bila tidak ada sebuah activity karena Fragment membutuhkan akses dari activity untuk dapat dijalankan.

Kelebihan dari menggunakan Fragment:

  1. Tidak perlu memasukan nama file Fragment ke dalam "androidManifast" yang diperlukan hanyalah activity.
  2. Fungsi yang berada di activity dapat langsung digunakan  dalam Fragment tersebut tanpa harus membuat ulang. Contohnya pada saat Back, Fragment hanya perlu memanggil fungsi "getActivity.
Nah guys seperti itulah ya perbedaan  Activity dan Fragment di Android Studio tidak berbeda jauh ya, intinya Fragment tidak akan berfungsi jika tidak ada Activity ya.

Okelah kalo begitu guys, sampai sini dulu yang postingannya, semoga bermanfaat dan juga tetap semangat belajar dan mencari ilmunya. Salam Sukses Untuk Para Programmer.

Terima Kasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Activity Dan Fragment Di Android Studio "