Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Variable Di Construct 2


Construct 2- Aplikasi untuk membuat sebuah game tanpa coding ini sudah banyak digunakan, karena pembuatannya yang mudah tanpa harus memakai bahasa pemrograman. Tapi tetap saja logika dalam pembuatan game di construct 2 sangat penting, begitu juga dalam pemakaian variable. Di construct 2 juga memakai variable dalam pembuatan game itu sendiri.

Jadi apa itu variable di construct 2 ?
Contohnya:
Berikutnya kita perlu membuat aksi yang dilakukan saat terjadi tumbukan, yaitu menghitung jumlah bintang yang sudah ditangkap oleh karakter pemain. Untuk menghitung jumlah bintang kita harus membuat suatu variabel.

''Variabel untuk menyimpan skor''

Variabel adalah suatu mekanisme dalam pemrograman untuk menyimpan data yang bisa berubah saat program dijalankan. Contoh data yang berubah misalnya jumlah skor yang didapat, jumlah nyawa pemain, sisa waktu dalam permainan, dan lain-lain. Sedangkan contoh data yang bukan variabel misalnya kecepatan gerakan Bintang pada artikel sebelumnya, karena kita menyimpan data itu langsung dalam bentuk angka di logika eventnya (“Move 5 pixels at angle 180?).

Data yang bukan variabel seperti kecepatan Bintang tersebut tidak bisa kita ganti saat permainan dijalankan, dalam pemrograman ini disebut Constant atau konstanta.

Ada dua jenis Variabel dalam Construct 2:


1. Variabel Instance adalah bagian dari atribut sebuah objek, dan hanya ada selama objek yang bersangkutan ada di permainan. Jika karena suatu hal objek tersebut dihilangkan dari permainan, misalnya karakter lawan yang sudah dikalahkan pemain, Variabel Instance tadi sudah tidak bisa diakses lagi. Variabel jenis ini cocok digunakan untuk menyimpan informasi atribut suatu objek, misalnya untuk membedakan nyawa musuh (atau butuh berapa kali pukul untuk mengalahkan musuh tersebut).

2. Variabel Global adalah variabel yang selalu ada selama pemainan dijalankan, karena tidak terikat pada objek. Variabel ini cocok digunakan untuk menyimpan informasi yang akan sering kita akses sepanjang permainan, misalnya skor, waktu, level saat ini, dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "Pengertian Variable Di Construct 2 "