Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koding dan Cara Membuat Link Di WEB dengan HTML

Belajar Membuat Link Website Dengan HTML - Mari belajar bersama-sama, semoga anda cepat memahami kode program ini.

Hallo teman-teman, terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan salam sejahtera untuk kita semua. Pada postingan kali ini masih berhubungan dengan coding HTML ya, yaitu sekrang kita akan belajar mengenai cara membuat link website dengan coding html. Nah dalam berbagai website yang sering anda kunjungi pasti didalamnya terdapat sebuah link, link tersebut akan membuat konten atau elemen html dapat di klik dan akan mengarahkan atau membawa anda ke halaman web lainnya. Biasanya suatu link ditampilkan berwarna biru dan bergaris bawah (selama belum di beri style).

1.1 Link Standar

Link atau juga biasa di sebut anchor (pengait) dapat dibuat dengan menambahkan tag <a> pada text yang ingin kita buat menjadi link.
Klik <a> Disini</a> untuk mendownload
Namun anda tidak akan melihat perubahan pada text "disini" karena belum menambahkan koding (belum mengaitkannya) untuk menuju halaman lainnya. oleh karena itu kita bisa menggunakan atribut href untuk menyimpan alamat web yang akan di tuju ketika link di klik.

 <a href="http://www.alamat-tujuan.com">disini</a>

Koding html di atas adalah koding untuk membuat link pada suatu website.
Mari kita sama-sama belajar, untuk latihan kita akan membuat suatu file html baru dan membuat link untuk mengaitkannya ke latihan-latihan sebelumnya.


  1. Buka notepad anda dan buat file baru dengan nama latihan4.html, dan simpan pada folder khusus yang telah kita buat di postingan sebelumnya.
  2. Tulis kode berikut:

<!DOCTYPE HTML> 
 <HTML> 
  <head> 
 <title>Judul File HTML</title>
 </head> 
  <body> 
   <h1>Selamat datang di website saya</h1>
   <a href="latihan1.html">buka Latihan 1</a><br>
   <a href="latihan2.html">buka Latihan 2</a> 
 </body> 

</HTML>

Nah kemudian SAVE file-nya, lalu buka file latihan3.html tersebut dan coba klik buka latihan 1 dan 2 apakah berhasil menuju halaman web selanjutnya atau tidak. 


Nah jangan lupa juga agar bisa kembali ke halaman utama, masukan juga koding link di file html latihan 1 dan 2.

Nah jika kalian perhatikan pada koding di atas terdapat tag koding html yaitu <br>, nah fungsinya apa sih tag tersebut, yups bahas.
Untuk tag <br> ini digunakan untuk memindahkan text ke baris baru, sehingga teks yang dipisahkan dengan text ini akan di tampilkan di garis yang berbeda. Jika anda tidak menggunakan tag <br> ini maka text akan di tampilkan satu baris. Contohnya


Gimana ? mudahkan ?... Hemmm oke, semoga kalian paham ya, dan terima kasih kunjungannya semoga lagi bermanfaat. Itulah postingan saya kali ini koding membuat link dengan html.

Posting Komentar untuk "Koding dan Cara Membuat Link Di WEB dengan HTML"