Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Game PINGPONG di Construct 2-Menambahkan Behaviors pada Objek Game Pingpong

Hallo guys jumpa kembali, salam sejahtera dan selalu budayakan membaca ya.

Game Pingpong

Go, go, go postingan ini adalah lanjutan dari yang sebelumnya yaitu tutorial 1 membuat game pingpong di construct 2 pada lanjutan kali ini yaitu menambah-nambahkan behaviors pada setiap objek di game pingpong yang telah di siapkan. Jika anda sudah membuat objek-objeknya dari postingan yang sebelumnya maka anda tinggal menambahkan behaviors pada objek tersebut. 



Behaviors ini sangat penting dalam setiap pembuatan game di construct 2, karena akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Contohnya saja pada objek bola, apabila objek bola tersebut tidak memakai behaviors '8directions' maka bola tersebut tidak bergerak kesana-kemari, alias posisi bolanya terdiam. Selanjutnya jika objek dinding tidak memakai behaviors 'solid', maka dinding tersebut tidak akan menyentuh si bola, jika solid tadi digunakan pada dinding maka si bola akan memantul (alias saling menyentuh) . 



Oke simak aja langkah-langkah pemberian behaviors pada setiap objek:
Tutorial 2 Menambahkan Behaviors Pada Setiap Objek Game Pingpong



Pertama yaitu pada bola, klik behaviors di sebelah kiri dan masukan bullet-> BoundToLayout-> dan 8Direction, anda bisa lihat gambar di bawah: 



selanjut-nya penambahan jumlah dalam setiap isi behaviors, klik bola tersebut dan pada bullet tambahkan speed =400, accelerations =0, gravity =0, bounce off = yes, initial =enable Pada bound by biarkan Edge saja, lalu pada 8Directions pada Max speed =200, accelerations =600, decelarations =500. 




Kedua yaitu pada dinding atas dan bawah yang berwarna biru, behaviors-nya cukup hanya menambahkan behaviors solid saja. 


Ketiga yaitu pada dinding gelombang yang berwarna merah, 


di sini tidak perlu menambahkan behaviors ya anda hanya perlu menambahkan effects saja di sebelah kiri dan silahkan cari WaterBackground (ini berfungsi agar ketika di jalankan, objek ini akan bergerak seperti ombak ya guys keren dikit wkwkwk). Nah pada settingannya speed =10, posisi X dan Y =15, intensity =3, frequency =1, Angle = 7, Delta =20, Reflectivity =400, embos = 30, dan blend modenya Normal saja. 






Kempat yaitu pada objek pemain, pada objek ini silahkan tambahkan behaviors 8Directions->bounndTolayout->dan solid, lalu tambahkan jumlah pada setiap behaviors yaitu pada 8Directions Max speed =200, Accelerations =600, Decelerations =500. 







Kelima yaitu pada objek pemain komputer, tambahkan behaviors solid dan 8Direction, dan jumlah-jumlah effect setiap behaviors anda bisa lihat gambar di bawah:





Nah itulah tutorial kali ini penambahan behaviors pada pembuatan game pingpong, gimana susahkah ? Teruslah mencoba belajar dan membaca ya guys, karena semua yang kita buat itu harus sesuai proses, dalam membuat game di softwere construct 2 ini lumayan ribet la ya, meskipun tanpa menggunakan kode-kode program, semua yang di buat di construct 2 membutuhkan logika dan ketelitian yang baik, agar hasil game yang di buat di construct 2 itu akan baik dan bagus.




Saya tidak menjelaskan pada setiap penambahan jumlah speed pada setiap behaviors atau effect yang di gunakan pada setiap objek, alangkah lebih baik anda mencoba mengutak-ngatik sendiri atau ngulik sendiri agar anda tahu setiap fungsi-fungsi. Karena jika anda ngulik sendiri anda akan tahu dan terbiasa nantinya.



Yupzz... Itulah postingan kali ini, dan di postingan selanjutnya yaitu menambahkan event-event pada game pingpong tersebut agar bisa berjalan dengan baik. 

Posting Komentar untuk "Game PINGPONG di Construct 2-Menambahkan Behaviors pada Objek Game Pingpong"