Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Memahami Star-UML Mata Kuliah (OOP)

Belajar Sistem Berbasis Objek

Hallo guys, salam sejahtera dan budayakan membaca ya.
Okeh pada artikel kali ini, saya akan berbagi ilmu sedikit-sedikit jadi bukit yaitu mengenai UML. Pelajaran UML ini digunakan untuk mempermudah kalian sebelum membuat suatu sistem atau aplikasi, dengan menggambar beberapa objek-objek model dalam setiap rancangan proyek. Yu langsung saja simak definisi atau penjelasan UML.

Definisi UML

UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML ini juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan.
Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode program. UML juga dapat menjadi alat bantu untuk transfer ilmu tentang sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan dari satu develover ke develover lain. 
Tidak hanya antar develover terhadap orang bisnis dan siapapun dapat memahami sebuah sistem dengan adanya UML.

UML diciptakan oleh objek management Group yang diawali dengan versi 1.0 pada Januari 1997, dalam pengembangannya yang berorientasi objek ada beberapa prinsip yang harus dikenal:
  • Object
  • Class 
  • Abstraction 
  • Encaplution 
  • Inheritance 
  • Polymorphism


Dalam UML sendiri terdapat beberapa diagram yang wajib di kuasai yaitu:
  1. Structural Diagram
  • Class Diagram, diagram ini terdiri dari class, interfance, association, dan collaboration. Diagram ini menggambarkan objek-objek yang ada di sistem
  • Object Diagram, diagram ini menggambarkan hasil instansi dari class diagram. Diagram ini digunakan untuk membuat prototype
  • Component Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan komponen dan hubungan antar komponen. Komponen terdiri dari class, interfance, atau collaboration
  • Deployment Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan node dan hubungan antar node. Node adalah entitas fisik dimana komponen di-deploy. Entitas fisik ini dapat berupa server atau perangkat keras lainnya.

2. Behavioral Diagram
  • .Use Case Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan use case, aktor, dan hubungan mereka. Use case adalah hubungan antar fungsionalitas sistem dengan aktor internal atau eksternal dari sistem
  • .Sequence Diagram, diagram ini menggambarkan interaksi yang menjelaskan bagaimana pesan mengalir dari objek ke objek lain
  • . Collaboration Diagram, diagram ini merupakan bentuk lain dari sequence diagram. Diagram ini menggambarkan struktur organisasi dari sistem dengan pesan yang diterima dan dikirim.
  • . State Diagram, diagram ini menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan keadaan sistem.
  • .Activity Diagram menggambarkan aliran control sistem. Diagram ini digunakan untuk melihat bagaimana  sistem bekerja ketika dieksekusi.

Posting Komentar untuk "Belajar Memahami Star-UML Mata Kuliah (OOP)"