Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Objek Bergerak Di Construct 2

PART 1 MEMBUAT GAME

BELAJAR MEMBUAT OBJEK BERGERAK DI CONSTRUCT 2

Menyusul postingan yang sebelumnya mengenal construct 2 dalam membuat sebuah game yang mudah tanpa coding. Postingan kali ini akan memberikan satu contoh dasar/contoh pertama dalam membuat sebuah game di construct 2. Tentunya setiap game memiliki banyak objek seperti bola, mobil, orang dan sebagainya, nah kali ini kita akan menggerakkan terlebih dahulu sebuah objek dalam suatu event di construct 2. Yu ikutin langkah-langkah berikut:

1. Pertama kita perlu menambahkan sebuah sprite/objek baru, dalam contoh ini kita gunakan sebuah gambar bintang.  

2. Kita ingin agar objek bintang tersebut bergerak dari kanan layar ke sisi kiri, caranya adalah dengan mengubah posisi objek  di setiap frame. Kita bisa lakukan itu dengan membuat event baru.
3. Pindah ke tab Event lalu tekan New Event.
4. Akan muncul pop-up untuk membuat kondisi. Karena kita ingin membuat suatu event yang terjadi setiap frame, kita pilih "System > Every Tick".
5. Setelah muncul event baru dengan kondisi Every Tick, kita buat action baru dengan menekan New Action.
6. Karena objek yang ingin kita gerakkan adalah Bintang, maka pilih "Bintang > Move at angle"

Kamu akan diminta mengisi dua nilai, angle atau sudut arah gerakan objek, dan nilai pergerakan objek tersebut. Untuk Angle kita isi 180 untuk arah gerak ke kiri layar (Sudut 0 adalah arah kanan, dan nilainya meningkat berlawanan arah jarum jam). Untuk Distance kita bisa isi 5.
Berikutnya kita perlu membuat event agar objek Bintang kita muncul lagi dari kanan setelah keluar layar di sebelah kiri.

1. Untuk mengetahui kapan objek Bintang kita keluar layar, kita perlu membandingkan posisi Bintang dan sisi kiri layar. Buat event baru, pilih "System > Compare two values".
2. Value pertama kita isi dengan nilai batas sisi kanan objek Bintang, pilih "Bintang > lalu BBoxRight", atau kamu bisa mengetik langsung "Bintang.BBoxRight" di kotak yang disediakan.
3. Value kedua kita isi dengan angka 0, yaitu batas kiri layar.
4. Jenis perbandingan kita pilih "Less than" atau lebih kecil.
5. Untuk aksinya, kita perlu mengubah posisi bintang ke sebelah kanan layar. Agar lebih menarik kita bisa atur agar ketinggian Bintang di layar berubah-ubah dengan menggunakan fungsi Random. Pilih "Bintang > Set Posisition".
6. Posisi X kita isi dengan WindowWidth + 10 agar bintang berada kanan layar, nilai Y kita acak antara 0 sampai WindowHeight dengan menggunakan fungsi Random. (Kamu perlu mengetik sendiri nilai di dalam fungsi Random).

Jika kamu melakukan langkah-langkah tadi dengan benar kamu akan memiliki event seperti pada screenshot event di gambar pertama.
Yang perlu anda ingat, untuk melakukan sesuatu seperti membuat permainan ini, anda harus bersungguh-sungguh dan benar-benar mempunyai keinginan untuk bisa membuat sebuah permainan. Jika anda merasa mudah dalam melakukan proses pembuatan permainan tersebut, ingat juga bahwa jangan meremehkan orang di sekelilingmu karena mereka tidak bisa.
Ok, sekian dulu postingan-nya. See you next time, Bye.

Posting Komentar untuk "Membuat Objek Bergerak Di Construct 2"